6 Cara Sukses Usaha Jasa Laundry Kiloan

 

Usaha Jasa Laundry Kiloan

Usaha laundry adalah jenis usaha yang banyak diminati karena kebutuhannya yang besar. Karena itu jika di tahun ini salah satu resolusimu adalah membuka bisnis, kamu dimulai dengan usaha laundry atau binatu. Bisnis atau laundry adalah bisnis yang berkutat pada jasa mencuci pakaian dengan segala layanannya.

Mengapa usaha jasa laundry kiloan banyak diminati? Mungkin kamu sadari banyak orang, terutama di kalangan milenial yang susah mencari waktu untuk mencuci pakaian. Apalagi memiliki asisten rumah tangga juga memiliki kesulitan tersendiri. Untuk itu, mencari jasa cuci pakaian bisa menjadi alternatifnya. 

Inilah 6 Cara Sukses Usaha Jasa Laundry Kiloan

Usaha laundry memang sudah banyak dikerjakan oleh pebisnis lain. Namun, tak ada salahnya jika kamu juga mencoba karena kebutuhan akan jasa cuci pakaian meningkat sehingga menjadikan prospek bisnis ini cerah. Persaingan boleh ketat, tetapi kesempatan dan peluang kamu untuk sukses di bisnis ini bisa terbuka, asalkan menerapkan tips di bawah ini. Apa saja tipsnya? Simak, ya.

1. Pilih lokasi usaha laundry yang strategis

Tips pertama agar kesuksesan bisa mendatangimu saat berbisnis laundry adalah memilih lokasi usaha yang strategis. Kamu bisa mencari lokasi yang menguntungkan agar usaha menjadi besar. Pastikan tempat yang kamu jadikan lokasi usaha terlihat dari berbagai arah sehingga mendatangkan pelanggan. Kamu bisa menargetkan pekerja atau mahasiswa yang indekos.

2. Lakukan riset lapangan sebelum membuka usaha laundry

Sebelum kamu memutuskan untuk memulai bisnis laundry dan memilih lokasi, sebaiknya lakukan riset lapangan. Langkah ini dilakukan agar kamu bisa melihat kondisi sekitar, seperti jumlah pesaing, potensi pelanggan, sampai jalur tempat yang dilalui.

Memang lebih strategis bila kamu menempatkan bisnis di sekitar kontrakan, perumahan, atau tempat indekos para pekerja. Mereka pasti akan terbantu sekali dengan kehadiran bisnis yang akan kamu jalankan ini. Jangan lupa untuk membuat strategi agar masa depan usaha laundry-mu cerah.

3. Berikan harga terjangkau

Kamu tak bisa menutup mata bahwa dengan memilih bisnis laundry ini berarti akan ada banyak pesaing di wilayah tersebut. Agar bisnismu jalan, kamu perlu membuat penawaran dengan memberikan harga menarik dan terjangkau. Tak bisa dipungkiri, harga murah masih menjadi salah satu faktor utama pelanggan mendatangi tempat bisnis.

Tak perlu sampai merusak harga pasar. Perbedaan Rp500 atau Rp1.000 saja sudah bisa memberikan perbedaan besar. Pasalnya, usaha laundry atau cuci pakaian ini tak mungkin hanya memasukkan satu kilogram saja, tetapi bisa minimal tiga kilogram. Untuk menentukan harga yang sesuai, kamu bisa riset pasar terlebih dulu.

4. Menawarkan fasilitas layanan antar kirim

Selain harga terjangkau, kamu bisa menerapkan fasilitas layanan antar kirim pakaian untuk mengembangkan usaha laundry. Dengan fasilitas ini, kamu bisa membantu konsumen yang sibuk untuk mengantar dan mengambil pakaian sehingga pelanggan pun akan senang dan loyal menggunakan jasa kamu. Untuk ongkos kirim bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

5. Menjadikan kebersihan dan kerapihan sebagai nilai utama usaha laundry 

Bisnis laundry memang mengedepankan kebersihan dan kerapihan. Pelanggan memercayakan pakaiannya dikerjakan oleh jasamu dengan harapan pakaiannya akan bersih dan rapi saat diterima nanti. Jika tidak dilakukan, tentu usahamu bisa mangkrak di tempat. Tak hanya dicuci, tapi juga disetrika.

6. Tepat waktu

Tak hanya kebersihan dan kerapihan, tepat waktu menjadi poin yang tak kalah penting dalam menjalankan bisnis laundry. Pasalnya, pelanggan pasti akan menanyakan kapan pakaiannya bisa diambil. Saat pelanggan datang, kamu perlu memberikan kepastian kapan pakaian tersebut selesai dan bisa diambil. Jangan sembarangan memberikan waktu selesai kepada pelanggan.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu bisa semakin percaya diri untuk mengerjakan jasa usaha laundry kiloan. Selain itu, usaha laundry ini bisa dijadikan tempat mata pencaharian. Jika sudah berkembang, kamu bisa mempekerjakan satu atau dua orang untuk membantumu.

Labels: Bisnis
0 Komentar untuk "6 Cara Sukses Usaha Jasa Laundry Kiloan"

Back To Top