Cara Memilih Karir yang Tepat

Cara Memilih Karir yang Tepat

Memiliki karir yang tepat adalah keinginan oleh setiap banyak orang. Dengan banyaknya pilihan karir yang ada, Bagaimana Anda bisa menemukan karir yang tepat? Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui cara atau langkah-langkah yang perlu Anda lakukan agar bisa memilih karir yang tepat.

Nilai Diri Anda

Sebelum Anda dapat memilih karir yang tepat, Anda harus belajar tentang diri Anda sendiri. Nilai-nilai, minat, soft skill, dan bakat adalah hal yang harus Anda ketahui tentang diri Anda sendiri. Mengetahui hal-hal ini membuat Anda tahu pekerjaan yang cocok untuk Anda dan mana pekerjaan yang sama sekali tidak cocok.

Bagaimana caranya untuk memahami hal-hal itu? Beberapa cara berikut ini bisa Anda lakukan:

Temukan Tipe Kepribadian Anda

Anda mungkin pernah mendengar tentang Myers-Briggs. Ini adalah kuesioner laporan diri introspektif yang membantu Anda mengetahui tipe kepribadian apa yang Anda miliki. Orang yang berbeda memiliki tipe kepribadian yang berbeda.

Seseorang bisa memiliki kepribadian yang introvert dan orang lain bisa menjadi ekstrovert. Dengan mengetahui tipe kepribadian Anda, Anda akan dapat mengetahui jenis lingkungan kerja apa yang paling cocok untuk Anda.

Ketahui Kekuatan Anda

Kita masing-masing memiliki beberapa kekuatan dan beberapa kelemahan. Intinya adalah mencari tahu apa yang benar-benar Anda kuasai.

Apakah Anda merasa pandai membuat tulisan yang menarik dan informatif? Apakah Anda suka mengajar? Apakah Anda senang mendesain poster dan logo?

Pasti ada sesuatu yang membuat Anda bersemangat dan pandai melakukannya. Anda perlu mencari tahu apa keterampilan dan kekuatan yang Anda miliki.

Buat daftar keterampilan yang Anda miliki dan kemudian pilih keterampilan terkuat dari daftar itu. Konsultasikan dengan teman atau keluarga Anda untuk melihat perspektif dari luar. Jika Anda berkarir dalam bidang yang menjadi kekuatan Anda, Anda akan menikmati kehidupan profesional yang hebat.

Ikuti Tes Karier

Jika Anda bingung menentukan karir mana yang tepat untuk Anda, Anda juga bisa mengikuti tes karier. Biasanya, tes karir memberi Anda serangkaian pertanyaan yang perlu Anda jawab dalam kerangka waktu yang diberikan.

Tes karir ditujukan untuk menilai keterampilan dan kekuatan Anda dan kemudian menyarankan karier yang cocok. Setelah Anda selesai menjawab semua pertanyaan, Anda akan diberikan dua hingga pilihan karier yang paling sesuai dengan Anda dan menjanjikan kehidupan yang memuaskan.

Di internet, Anda akan menemukan sejumlah tes karir yang dapat Anda selesaikan dalam beberapa menit. Banyak dari tes ini yang gratis.

Buatlah Daftar Pekerjaan untuk Dieksplorasi

Anda mungkin memiliki beberapa daftar pekerjaan di depan Anda pada saat ini yang dihasilkan oleh masing-masing alat penilaian diri atau tes karir yang Anda gunakan. Agar Anda tetap teratur, Anda harus menggabungkannya ke dalam satu daftar utama.

Pertama, cari karier yang muncul di banyak daftar dan salin ke halaman kosong. Beri judul “Daftar Karier yang akan Dieksplorasi”. Penilaian terhadap diri Anda dari tes karier menunjukkan bahwa pekerjaan-pekerjaan itu cocok untuk Anda berdasarkan pada beberapa sifat Anda, sehingga mereka layak untuk ditelusuri.

Selanjutnya, temukan pekerjaan apa pun dari daftar itu yang menarik bagi Anda. Pekerjaan-pekerjaan itu mungkin karier yang sedikit Anda ketahui dan ingin Anda jelajahi lebih lanjut. Juga, sertakan profesi yang Anda tidak tahu banyak. Anda mungkin belajar sesuatu yang tidak terduga. 

Jelajahi Pekerjaan di Daftar Anda

Pada titik ini, Anda akan senang jika berhasil mempersempit daftar Anda menjadi hanya 10 hingga 20 opsi. Sekarang Anda dapat memperoleh beberapa informasi dasar tentang masing-masing pekerjaan dalam daftar Anda.

Temukan deskripsi pekerjaan dan persyaratan pendidikan, pelatihan, dan perizinan dalam sumber yang dipublikasikan di internet atau di mana pun. Pelajari tentang peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan itu.  

Buat Daftar Pekerjaan Menjadi Lebih Pendek

Sekarang Anda memiliki lebih banyak informasi. Berdasarkan informasi itu, Anda dapat mulai mempersempit daftar Anda lebih jauh

Berdasarkan apa yang Anda pelajari dari penelitian sejauh ini, mulailah menghilangkan karier yang tidak ingin Anda kejar lebih lanjut. Daftar ini harus berisi dua hingga lima pekerjaan yang akan Anda eksplorasi lebih jauh.

Hapus pekerjaan yang tidak mungkin Anda tembus karena alasan syarat latar belakang pendidikan atau pengalaman. Hapus juga pekerjaan yang membutuhkan softskill yang tidak Anda miliki agar bisa berkembang dalam karier tersebut. 

Melakukan Wawancara Informasional

Ketika Anda hanya memiliki sedikit pekerjaan yang tersisa di daftar Anda, mulailah melakukan penelitian yang lebih mendalam. Atur untuk bertemu dengan orang-orang yang bekerja dalam pekerjaan yang Anda minati.

Mereka dapat memberikan pengetahuan langsung tentang karier dalam daftar pendek Anda. Akses jaringan Anda, termasuk LinkedIn untuk menemukan orang-orang yang bisa wawancara informasional ini. 

Mintalah Nasehat dari Orang Lain

Di mana pun Anda tinggal, Anda akan selalu memiliki orang-orang yang sudah bekerja, ahli dalam bidang tertentu atau memiliki pengalaman lebih profesional. Cobalah untuk memulai obrolan dengan mereka untuk mengungkapkan pemikiran Anda mengenai karir yang tepat.

Kumpulkan informasi tentang berbagai pekerjaan dan industri. Minta mereka saran yang dapat Anda gunakan untuk memilih karir yang terbaik untuk Anda.

Cobalah Untuk Magang Dalam Sebuah Pekerjaan

Magang memberi Anda peluang bagus untuk meletakkan dasar karier Anda. Pengalaman benar-benar bekerja di dunia nyata adalah sesuatu yang tidak boleh Anda abaikan.

Bekerja sebagai pekerja magang membantu Anda mengetahui bagaimana rasanya berada dalam pekerjaan tertentu, apakah lingkungan kerja sesuai dengan selera Anda dan bagaimana Anda bergaul dengan orang-orang di tempat kerja.

Magang juga sangat disarankan untuk membangun koneksi dengan para profesional dan mendapatkan pengalaman kerja yang dapat menambah bobot tambahan untuk resume dan CV Anda. Nah, itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai cara memilih karir yang tepat. Semoga bermanfaat.



Labels: Finansial
0 Komentar untuk "Cara Memilih Karir yang Tepat"

Back To Top